Pupuk Kompos dari Cangkang Telur

    Seringkali cangkang telur terbuang percuma setelah digunakan, padahal sebenarnya cangkang telur mengandung senyawa-senyawa seperti kalsium karbonat, magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga. Kandungan kalsium dalam cangkang telur dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik bagi tanaman. Sedangkan manfaat kalsium pada tanaman adalah untuk merangsang pembentukan bulu akar, mengeraskan batang tanaman, dan merangsang pembentukan biji. Kalsium pada daun dan batang berkhasiat menetralkan senyawa yang mengganggu kesehatan tanaman.

     Lalu, bagaimana cara membuat pupuk dari cangkang telur ini? Caranya mudah kok..
Pertama, keringkan cangkang telur yang sudah tidak terpakai dengan cara dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa menit. Kumpulkan dedaunan kering, lalu tumbuk cangkang telur bersama dengan dedaunan tersebut sampai halus. Setelah tercampur rata, bubuhkan pada tanah tanaman. Jadi deh pupuknya :D

     Manfaat yang pernah saya rasakan sendiri dari pupuk cangkang telur ini, dulu pernah saya bubuhkan ke tanaman euphorbia saya, beberapa hari kemudian, bunganya tumbuh banyak dan daunnya ijo segar-segar. Padahal biasanya bunganya hanya sedikit dan daunnya agak kering berwarna kekuningan.

Komentar

  1. suika ga suki desu, mirip anime non non biyori arigato infonya

    BalasHapus
  2. Saya mau jual cangkang telur. Ada ngk yg mau beli ya. Hubungi ke wa saya 082174381861

    BalasHapus

Posting Komentar