Tips Memilih Tempat Magang Mahasiswa Teknik Telekomunikasi

source : pinterest.com


Sebelumnya mohon maaf karena postingan artikel di blog saya random sekali. Memang saya nulis apa yang terlintas di kepala dan apa yang perlu untuk di share. Meskipun KP ini pengalaman 2 tahun lalu ya, namun baru kepikiran untuk nulis sekarang. hehe..

Nah ini pengalaman saya sendiri dan teman-teman sekelompok KP yang galau mau kerja praktek di perusahaan mana. Ya, kami ini mahasiswa jurusan teknik telekomunikasi yang notabene nama jurusannya jarang didengar dan tidak familiar. Ada yang mengira jurusan komunikasi malahan. Wah beda jauh ya :')
Memasuki tahun ke-3, kami diharuskan untuk Kerja Praktek di suatu perusahaan, sebenarnya terserah mau kerja praktek dimana, di perusahaan telekomunikasi kek, industri pangan kek, rumah sakit, dll asal ada bidang yang sesuai dengan jurusan ya.

Kebiasaan kita semua sih, jika ada recommend dari kakak kelas, kita pasti ngikut. Begitu juga dengan saya. Sebelum KP, saya rajin collect informasi dari kakak kelas, yang enak KP di perusahaan mana, yang recommend apa, tips-tipsnya gimana, dll. Dari hasil collect informasi, saya simpulkan ada 5 tempat KP untuk mahasiswa teknik telekomunikasi :

1. Provider, yaitu perusahaan penyedia layanan telekomunikasi, contohnya : Indosat, XL, Telkomsel, Smartfren.

2. Vendor, yaitu perusahaan penyedia perangkat dan jaringan pendukung telekomunikasi, contohnya : Huawei, NSN (Nokia Siemens Network), Lintas Arta, Icon+, D-Net.

3. Subcon, yaitu perusahaan yang membantu instalasi dan maintenance jaringan telekomunikasi di lapangan, contohnya banyak sekali perusahaan subcon ini, walaupun banyak yang tidak terkenal.

4. Perusahaan BUMN, contoh : Telkom, Badan Pos dan Telekomunikasi, Dinas Informatika
5. Lain-lain, ini perusahaan non telekomunikasi, contohnya banyaaak, ada perusahaan rokok, perusahaan multinasional, pertambangan, industri kreatif, dll.

Nah tapi, ada banyak pendapat menurut kakak-kakak senior, beberapa ada yang bilang seperti ini :

1. Pokoknya cari di perusahaan besar saja enak, nanti bisa punya link, siapa tahu nanti bisa kerja disitu setelah lulus
2. Di Provider saja, kan perusahaannya juga besar, dan lagi itu perusahaan telekomunikasi. Tapi nggak enaknya, nanti ilmu yang didapat saat KP cuma sedikit, karena memang kerjanya tidak terlalu teknis.
3. Di vendor juga enak, dapet ilmu telekomunikasi banyak, dan perusahaannya juga besar-besar.
4. Lebih enak di Subcon, dapet ilmunya lebih banyak, karena banyak teknis dan langsung praktek di lapangan.

Karena banyak pendapat, jadinya makin galau kan. Saya sendiri sebenarnya ingin ke vendor saja, tengah-tengah, sepertinya enak, karena jadi perantara antara subcon dengan provider. Tapi, ternyata saya kurang beruntung, karena keduluan teman kelompok lain yang sudah daftar ke vendor-vendor telekomunikasi. Akhirnya kelompok saya pun coba melamar ke lembaga pemerintahan (Postel), icon+, dan coba ke subcon (Adyawinsa). Namun lagi-lagi kamu kurang beruntung mendapatkan perusahaan besar, sehingga kami harus rela mendapat subcon. Yah sedikit kecewa namun kami berpikir positif, gakpapa lah di subcon, toh nanti dapet ilmu banyak karena banyak belajar teknis dan langsung praktek di lapangan.

source : www.abisglobal.net


Namun, pada kenyataannya, KP di subcon tersebut mengecewakan bagi saya. Disana tidak mendapatkan banyak ilmu, jobdesc pun tidak jelas. Kami hanya merapikan dokumen, membuat dokumen, terkadang ikut ke lapangan untuk survey (hanya 1x seminggu), dan banyak nganggurnya. Jadi waktu luang pun saya gunakan untuk browsing cari-cari ilmu telekomunikasi sendiri (saya tidak mau rugi). Padahal ekspektasi kami, bisa mendapatkan banyak ilmu seperti planning jaringan, maintenance, troubleshoot, survey lapangan, paham situasi di lapangan, dll. Jadi ya alhasil kami pun tidak semangat KP dan laporannya juga dibuat asal-asal an. Untungnya masih dapat nilai bagus dari dosen. Tapi memang tidak semua subcon seperti itu, ada kelompok kami pun yang KP di subcon namun mereka banyak mendapatkan ilmu.

Kesimpulannya :

Jika kalian mahasiswa-mahasiswa Telekomunikasi bingung memilih tempat untuk kerja praktek, pilihlah sesuai hati nurani dan kebutuhanmu kedepannya. Saran saya pilih perusahaan yang besar atau vendor telekomunikasi saja. Di vendor lebih besar peluang bisa mendapatkan banyak ilmu dan link kerja untuk kebutuhan melamar pekerjaan setelah wisuda. Atau jika memang sudah telanjur di subcon dan nasibnya seperti saya, maka rajin-rajinlah bertanya pada orang-orang disana tentang bidang telekomunikasi, dan berusahalah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan banyak ilmu baru.

Komentar

  1. Pusat Teknologi Material BPPT membuka kesempatan kepada mahasiswa untuk kerja praktek dan bimbingan penelitian untuk jenjang Si sd S3
    info lebih lanjut :
    https://pusatteknologimaterial.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bppt itu ada divisi apa saja ? dan Bppt itu di daerah mana?

      Hapus
    2. bukannya rata2 jurusan teknik industri dan teknik elektro ya pak

      Hapus

Posting Komentar