Flowers of Japan

Apa yang terbayang di pikiran kita sewaktu mendengar bunga yang ada di jepang? pasti sebagian besar membayangkan bunga sakura (bukan sakura kinomoto yang di cardcaptor sakura lho -.-" )
ya, sakura memang identik dengan jepang. tapi jangan salah, ada bunga lain di jepang yang tak kalah bagusnya dengan sakura. contohnya ini :

Ume (Prunus mume)
     Nama lainnya Japanese apricot, Japanese plum, atau Chinese plum. Ume biasanya berbunga pada akhir musim dingin. Pohon ini berasal dari Cina, dan masuk ke Jepang pada abad ke-6. Ume menjadi populer sejak zaman Heian, bunganya sering dijadikan objek seni lukis maupun seni sastra. Bunga ume memiliki variasi warna putih hingga merah, dan sering dikaitkan dengan keindahan, kekuatan, dan kesucian, bahkan dipercaya bisa memberikan perlindungan dari makhluk halus. Selain itu, buah pohon ume juga bisa diolah menjadi asinan (umeboshi) dan minuman beralkohol (umeshuu).


Momo (Prunus Persica)
     Lebih terkenal dengan nama persik atau peach. Memiliki variasi warna mulai dari putih hingga ungu gelap. Bunganya mekar bersamaan dengan datangnya musim semi. Bunga ini sering digunakan sebagai bunga untuk ikebana (seni merangkai bunga). Kelopak bunga momo ada yang berjumlah 5, ada juga yang lebih, selain itu, momo memiliki banyak benang sari. Bunga momo memiliki tangkai yang sangat pendek sehingga kelihatan menempel langsung pada batang pohonnya.


Anzu (Prunus armeniaca)
     Anzu tidak berbeda jauh dengan ume, dan kemungkinan besar juga dibawa dari Cina. Anzu cenderung tahan pada udara dingin, bunganya yang berwarna pucat ini mekar di awal musim semi, seperti sakura, dan berbuah di awal musim panas, seperti ume.


Fuji (Wisteria floribunda)
     Disebut juga wisteria jepang. Termasuk tanaman dari famili polong-polongan dengan bunga segugus yang panjangnya  bisa mencapai 50 cm.. Bunga fuji memiliki variasi warna putih, ungu, maupun kebiruan, dan beraroma khas seperti anggur. Bunga ini mekar pada bulan April hingga Mei setiap tahunnya.

 
Nadeshiko (Dianthus superbus)
     Dianthus superbus adalah nama lain anyelir merah muda berjumbai. Bunga yang sering disebut Large Pink ini juga tersebar di Eropa dan sebagian Asia. Bunga ini tumbuh di daerah beriklim sedang-sejuk dengan ketinggian hingga 2400 meter diatas permukaan laut. Tinggi tanamannya 30-50 cm dengan diameter bunga 3-5 cm, dan berbau manis. Di Jepang, bunga yang mekar di musim panas ini bisa dijumpai di pulau Honshu, bagian barat Shikkoku, Kyushuu, dan juga Okinawa.


Tsubaki (Camellia japonica)
     Adalah salah satu jenis bunga camellia yang paling dikenal. Bunga ini mekar pada musim dingin hingga musim semi, dengan warna yang bervariasi mulai dengan merah, putih, pink, maupun paduan dari warna-warna tersebut. diameter kelopaknya antara 5-8 cm. Di Jepang ada pantangan untuk membawa bunga tsubaki pada saat mengunjungi kerabat yang sakit. Bunga tsubaki mudah lepas dari tangkainya, sehingga seolah-olah kita mendoakan pasien agar cepat meninggal. Wew..


Kiku
     Bunga ini termasuk jenis Chrysanthemum. Kiku dalam bahasa Jepang berarti krisan atau seruni. Krisan adalah salah satu bunga kebanggaan Jepang. Bunga yang memiliki makna "bangsawan" ini dibawa dari Cina ke Jepang lebih dari 1500 tahun yang lalu. Krisan telah menjadi favorit para bangsawan sejak zaman Heian, dan hingga kini digunakan sebagai lambana resmi  keluarga kaisar. Meskipun begitu, bunga ini biasanya juga dipakai untuk dekorasi upacara pemakaman.


Oh iya lupa, bunga utamanya malah belum dibahas --"
yauda, selanjutnya kita membahas Sakura no hana :)

Sakura
      Sakura digolongkan ke dalam genus Prunus, dan sub genus Cerasus. Bunga ini adalah bunga nasional Jepang selain bunga krisan. Pohon sakura cukup unik, karena ketika musim semi datang, bunganya akan muncul lebih dahulu dibandingkan daun-daunnya. Sakura hanya mekar dalam sekali setahun, yaitu sekitar Februari hingga awal Mei. Bunganya sendiri hanya akan bertahan 7 hingga 10 hari setelah mekar.
Ada beberapa macam jenis sakura, diantaranya : Yamazakura (Prunus jamasakura) yaitu pohon sakura liar yang sering disebut-sebut dalam puisi kuno jepang karena keindahannya; Ooshimazakura (Prunus speciosa) yaitu jenis sakura yang biasanya ditemukan di pulau Ooshima, semenanjung Izu; Somei Yoshino (Prunus x yedoensis) adalah sakura yang berbau harum hasil persilangan yang ditanam di Yoshino (sekarang Toshima, Tokyo). Selain sakura-sakura yang mekar di musim semi, terdapat pula sakura yang mulai mekar di musim gugur dan akan terus mekar selama musim dingin, disebut Fuyuzakura (Prunus subhirtella).



    Komentar